3 Pelatih Asal Korea Selatan yang Bisa Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

  • Bagikan
3 Pelatih Asal Korea Selatan yang Bisa Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Raxcode.com – Berikut tiga pelatih asal Korea Selatan yang bisa gantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia di level senior pasca Kualifikasi Piala Asia 2023.

Belakangan sepakbola dalam negeri dihebohkan dengan komentar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang ingin menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, PSSI ingin menggantikan peran Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia di level senior serta U-23.

Wacana ini disampaikannya karena melihat pelatih asal Korea Selatan itu keteteran karena harus menukangi timnas di banyak level.

Baca Juga:
3 Efek Positif Andai Shin Tae-yong Cuma Fokus Tangani Timnas Indonesia U-20

Karena pertimbangan itu, PSSI pun berencana membuat Shin Tae-yong hanya perlu fokus ke Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Dunia U-20 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

“Menurut saya, sekarang dia keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Jadi kami akan merekomendasikan Shin hanya memegang timnas untuk Piala Dunia U-20,” ucap Iwan Bule.

Iriawan menambahkan, keputusan ini belum final. Ia akan mendiskusikannya dengan Shin Tae-yong dulu pasca gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023 yang diikuti timnas senior.

Andai Shin Tae-yong menerima rencana ini dan hanya fokus pada Timnas Indonesia U-20, maka PSSI harus mencari penggantinya guna menukangi tim senior ataupun juga tim U-23.

Tentu tak ada salahnya bagi PSSI untuk kembali melirik pelatih asal Korea Selatan, agar tetap bisa bersinergi dengan Shin Tae-yong yang memang sudah tahu banyak soal para pemain timnas di berbagai level.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Ancaman Kuwait

Lantas, siapa saja pelatih asal Korea Selatan yang bisa dilirik PSSI untuk mengisi kursi Shin Tae-yong kelak? Berikut daftarnya:

1. Park Hang-seo

Nama Park Hang-seo bisa menjadi pertimbangan PSSI untuk mengisi pos pelatih tim senior Indonesia untuk menggantikan Shin Tae-yong.

Pria berusia 63 tahun ini bisa menjadi opsi brilian mengingat kiprahnya bersama Vietnam. Selain itu, ia paham betul dengan sepak bola Asia Tenggara.

Dengan CV mentereng seperti itu, PSSI bisa mencoba mendatangkannya. Apalagi kontrak Park Hang-seo bersama Vietnam tersisa hingga Januari 2023 mendatang.

2. Kim Hak-bum

Jika Park Hang-seo enggan menjadi suksesor Shin Tae-yong di tim senior, tak ada salahnya PSSI mencoba mendatangkan Kim Hak-bum

Kim Hak-bum merupakan salah satu pelatih terbaik di Korea Selatan. Saat ini, dirinya dilaporkan tengah menganggur usai memimpin tim senior negeri gingseng pada 2021 lalu.

Kim Hak-bum punya rekam jejak mentereng. Salah satunya adalah saat dirinya berhasil membawa Korea Selatan meraih medali emas Asian Games 2018 di cabor sepak bola putra.

3. Jeon Kyung-jun

PSSI nampaknya tak perlu jauh-jauh mencari pelatih tim senior untuk menggantikan Shin Tae-yong. Sebab, ada nama Jeon Kyung-jun yang tak lain mantan asistennya.

Jeon Kyung-jun merupakan orang dekat Shin Tae-yong. Dirinya menemani Shin Tae-yong saat menjabat sebagai pelatih timnas Korea Selatan U-20, U-23 dan senior.

Saat ini, Jeon Kyung-jun tengah menganggur usai tak memperpanjang kontraknya dengan klub kasta kedua Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

(Felix Indra Jaya)



#Pelatih #Asal #Korea #Selatan #yang #Bisa #Gantikan #Shin #Taeyong #Timnas #Indonesia

Sumber : www.suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.