Gasak Myanmar 5-1, Timnas Indonesia U-19 Tetap Tersingkir di Fase Grup

  • Bagikan
Gasak Myanmar 5-1, Timnas Indonesia U-19 Tetap Tersingkir di Fase Grup

Raxcode.com – Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski menang telak 5-1 atas Myanmar pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam, Timnas U-19 harus telah tersingkir di fase grup karena hasil laga lainnya.

Timnas Indonesia U-19 mengamuk dan menggilas Myanmar dengan skor mencolok 5-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu lewat gol cepat pada babak pertama.

Setelah kecolongan gol Myanmar di menit kedelapan, Timnas Indonesia U-19 langsung memberondong gawang Myanmar lima gol.

Gol-gol Timnas U-19 di paruh pertama diciptakan Muhammad Ferarri (2x), Arkhan Fikri, Rabbani Tasnim serta Ronaldo Kwateh.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-19 2022: Filipina Hantam Brunei 5-0

Sayang seribu sayang, di laga lainnya yang dimainkan bersamaan di Stadion Madya, Jakarta, Vietnam bermain imbang dengan Thailand 1-1.

Dengan hasil tersebut, Vietnam, Thailand dan Indonesia sejatinya mengumpulkan poin 11 di klasemen akhir Grup A.

Namun meski Indonesia jauh lebih superior dalam aspek selisih gol (+15), tim asuhan Shin Tae-yong itu harus merelakan posisi pertama dan kedua Grup A jatuh ke tangan Vietnam dan Thailand.

Ini lantaran aturan dari AFF, di mana penentuan tiga tim yang mengoleksi poin sama harus dengan sistem head-to-head, atau lebih tepatnya lagi. ‘liga mini’.

Vietnam dan Thailand berhak lolos karena Indonesia hanya bisa bermain 0-0 dengan dua tim tersebut di penyisihan Grup A. Sementara itu, Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol pada laga malam ini.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 Mengamuk, Gilas Myanmar 4-1 di Babak Pertama

Jalannya Pertandingan

Di Stadion Patriot, Timnas Indonesia U-19 lebih mendominasi permainan pada awal pertandingan.

Sayang, pada menit kedelapan mereka justru kecolongan setelah pemain Myanmar mencetak gol melalui sundulan dalam situasi sepak pojok.

Setelah tertinggal, Timnas Indonesia U-19 memberi respons positif. Serangan bergelombang dilancarkan Garuda Nusantara ke pertahanan Myanmar demi menyamakan kedudukan.

Upaya Timnas Indonesia U-19 pun membuahkan hasil. Set-piece Arkhan Fikri pada menit ke-16 berhasil disambut oleh tandukan Muhammad Ferarri. 1-1.

Timnas U-19 kembali bikin gol pada menit ke-25. Sang pemberi assist gol pertama, Arkhan Fikri kali ini mencetak gol indah dari luar kotak penalti.

Gol Timnas Indonesia U-19 kembali bertambah pada menit ke-31. Lagi-lagi dari skema bola mati, Muhammad Ferrari mencetak gol sundulan keduanya yang membuat Timnas Indonesia U-19 unggul 3-1.

Hanya selang semenit, Rabbani Tasnim menambah gol Timnas Indonesia U-19 melalui sepakan kerasnya. Garuda Nusantara pun unggul 4-1 atas Myanmar.

Dengan keunggulan telak 4-1 ini di half-time, skuad Garuda Nusantara pun membuka asa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Di babak kedua,  Ronaldo Kwateh mencetak gol di menit ke-73 lewat finishing-nya yang dingin menaklukkan kiper Myanmar.

Hasil 5-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19 tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Timnas Indonesia U-19 menang telak, akan tetapi hasil imbang 1-1 di laga Vietnam vs Thailand membuat Garuda Nusantara harus rela tersingkir di fase grup. 

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: 1-Cahya Supriadi; 2-Ahmad Rusadi, 5-Kakang Rudianto, 12-Mikael Tata; 13-Dimas Juliono, 8-Arkhan Fikri, 15-Zanadin Fariz, 11-Ferdiansyah Cecep; 9-Hokky Caraka, 28-Rabbani Tasnim

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Myanmar U-19: 1-Hein Htet Soe; 3-Myo Min Hein, 4-Lan Sann Aung, 5-Lin Lin Tun, 15-Kun Aung Soe; 6-Ar Kar Kyaw, 7-Zaw Win Thein, 8-Chit Aye, 20-Oakkar Naing; 10-La Min Htwe, 22-Thein Zaw Thiha

Pelatih: Soe Myat Min



#Gasak #Myanmar #Timnas #Indonesia #U19 #Tetap #Tersingkir #Fase #Grup

Sumber : www.suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *