Daftar Anggota EAFF yang Jadi Opsi Indonesia Jika Putuskan Keluar dari AFF

  • Bagikan
Penjelasan Gagal Lolosnya Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal Meski Paling Produktif di Grup A Piala AFF U-19 2022

Raxcode.com – Desakan suporter yang meminta PSSI untuk keluar dari AFF usai kegagalan timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 memunculkan wacana baru, yakni bergabungnya PSSI ke EAFF.

PSSI diminta untuk meninggalkan AFF dan bergabung dengan East Asian Footbal Federation (EAFF) alias Federasi Sepak Bola Asia Timur.

EAFF Menjadi opsi terbaik bagi Indonesia dan PSSI andai nantinya meninggalkan AFF. Selain faktor lokasi, pertimbangan lainnya ialah kualitas dan kekuatannya.

Sujumlah pemain Indonesia U19 meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U.19, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir dari Piala AFF U19. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Sebab, PSSI dan timnas Indonesia akan mendapatkan level bertanding yang lebih tinggi apabila nantinya memutuskan untuk bergabung dengan EAFF.

Baca Juga:
Media Vietnam Sindir Suporter Indonesia usai Negaranya Dikalahkan Malaysia U-19

Hal ini tentu saja turut mempertimbangkan anggota asosiasi yang tergabung di EAFF. Sebagian besar negara-negara yang bergabung memang menjadi kekuatan besar di Asia.

Setidaknya, tercatat ada 10 negara anggota yang saat ini berada di bawah naungan federasi regional yang sudah dibentuk sejak tahun 2002 tersebut.

10 negara anggota yang dimaksud ialah China, China Taipei, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Dari 10 negara tersebut, hanya Kepulauan Mariana Utara yang tercatat bergabung pada tahun 2008. Sebab, sembilan negara lainnya sudah bergabung sejak awal, yakni pada tahun 2002.

Jika dibandingkan dengan AFF, EAFF memiliki tiga negara yang saat ini berada di level top dunia. Setidaknya berada di urutan 100 besar ranking FIFA.

Baca Juga:
Piala AFF U-19: Malaysia ke Final Usai Hantam Vietnam 3-0

Mereka adalah Jepang (24), Korea Selatan (28), dan China (78). Sementara itu, negara-negara lainnya berada di urutan 100-200 ranking FIFA.



#Daftar #Anggota #EAFF #yang #Jadi #Opsi #Indonesia #Jika #Putuskan #Keluar #dari #AFF

Sumber : www.suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *